Wednesday 8 May 2013

MENGEVALUASI DIRI, APA SAJA CIRI-CIRI ORANG BERIMAN?

Bismillah,



Tulisan ini hanya untuk mengevaluasi diri saya dan juga kita semua apakah kita termasuk orang-orang yang dimaksudkan dalam surat ini atau belum. Yang punya blog ini masih jauh. Karena itu saya mengajak diri saya dan kita semua untuk memperbaiki diri. Karena iman hanyalah satu-satunya tiket agar kita bisa memasuki surganya Allah swt. Allah berfirman sbb:


قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ {1} الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ {2} وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ {3} وَالَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَاةِ فَاعِلُونَ {4} وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ {5} إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ {6} فَمَنِ ابْتَغَى وَرَاء ذَلِكَ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْعَادُونَ {7} وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ {8} وَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ {9} أُوْلَئِكَ هُمُ الْوَارِثُونَ {10} الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ {11}

  Jika kita sering membaca firman Allah dalam al-Quran, akan kita temukan lautan ilmu petunjuk yang Allah turunkan untuk kita menjalani hidup. Kali ini kita membaca dan mengambil intisari dari QS. Al-Mu`minun ayat 1-11.
  1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,
  2. (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya,
  3. dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,
  4. dan orang-orang yang menunaikan zakat,
  5. dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,
  6. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa.
  7. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.
  8. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.
  9. dan orang-orang yang memelihara shalatnya.
  10. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi,
  11. (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.
Dari kesebelas ayat QS Al-Mu`minun di atas, ciri-ciri orang beriman itu adalah sebagai berikut:
  1. Orang yang khusyu’ dalam shalatnya,
  2. Menjauhkan diri dari perbuatan tak berguna,
  3. Orang yang berzakat,
  4. Menjaga diri dari zina,
  5. Memelihara amanah dan janji,
  6. Menjaga shalatnya.
Karena itu teman-teman pembaca yang budiman. Mari kita upayakan agar shalat kita khusuk, tidak mengatakan dan mengerjakan pekerjaan yang sia-sia, menunaikan zakat (apa saja yang Allah anugerahkan kepada kita dibayar zakarnya - ilmu, harta, waktu, perhatian, dll), menjaga kemaluan, memelihara amanah dan janji serta menjaga shalat kita. Jangan kita menjadi orang yang melampaui batas, karena menurut ayat ini adalah orang yang berzina, yang mencari selain apa-apa yang telah Allah halalkan baginya yakni istri atau budaknya [meski dalam konteks saat ini, budak itu sudah tidak ada] akan mengundang murka Allah. Akan dicap sebagai orang yang imannya bermasalah. Jika iman kita bermasalah maka sulit bagi kita untuk memperoleh tiket ke surga firdaus.
Karena itu, mari kita berhati-hati. Marilah bersama menempa diri memenuhi keenam sifat utama orang beriman sebagaimana yang Allah kabarkan dalam kalamNya yang indah.
Wallahu a’lam.
 
bacaan:  lenteradan kehidupan
 

No comments:

Post a Comment