Monday 1 December 2014

HIDUP LURUS-LURUS AJA KAYA POHON KELAPA

Bismillah,
Sempatkan suatu saat kita belajar dengan pohon kelapa, entah di pinggiran sungai, pinggir laut, pinggir sawah, pinggir desa...Ketika kita melihat pohon kelapa, yang terbesit di pikiran kita adalah sebuah pohon tinggi menjulang tanpa daun yang rindang. Waktu saya masih umur-umur SD, SMP, SMA, ketika bermain di kebun bersama teman2 (Alhamdulillah kebun ayah saya luas juga untuk ukuran wong ndeso), saya dengan teman2 suka bilang, "wah haus ini mari kita memanjat kelapa ini yuk!" Ya, meskipun pohon kelapa ini terlihat gersang dan memiliki penampilan yang tidak terlalu bagus, tetapi ia memiliki buah yang pasti semua orang suka.
Suatu saat kita pernah terfikir bahwa dari pohon yang terlihat gersang itu dapat menghasilkan buah yang airnya saja memiliki rasa yang enak, apalagi daging buahnya. Pasti anda pernah minum es kelapa muda kan? seger teman-teman, apalagi pas diminum siang-siang (tapi jangan lagi puasa ya). Pernah kita berfikir gak gimana caranya air kelapa itu masuk ke dalam batok kelapa padahal buah kelapa itu punya serabut dan batok yang kuat? Lagian air di bawah itu ada yang asin, busuk dan sebagainya. Di dalam kelapa muda manis rasanya. Udah jangan dipikirin, tau beres aja, percaya aja kalau itu semua kekuasaan Allah. Subhanallah.
SUMBER: WWW.GOOGLE.COM
Buah kelapa, selain memiliki rasa yang enak, juga memiliki manfaat lainnya. Diyakini oleh kita sebagaimana oleh para ahli gizi, air kelapa memilik banyak manfaat, juga daging buahnya. Batoknya bisa dijadikan arang (bahan bakar), serabutnya juga bisa dijadikan bahan bakar untuk memasak. Bagi sanak dulur kito yang tinggal di kampung pasti tau ini. Dilihat dari pohonnya yang tinggi kekar, batang pohon kelapa yang begitu keras dan kuat, jika kita tebang, maka batang tersebut bisa dijadikan sebagai jembatan, biasanya di jalan2 kampung, tentunya jembatan kecil bukan jembatan besar, daunnya juga bisa untuk bahan bakar memasak, untuk membungkus ketupat. Batok kelapa itu bisa dibuat untuk tutup bubu- alat penangkap ikan, untuk wadah makanan. Kelapa bisa dibuat bahan bangunan, umbutnya untuk dimasak dengan santan yang dikenal dengan gulai umbut. Begitu banyak manfaat yang bisa diambil oleh manusia dari sebuah pohon kelapa.
Lebih jauh lagi, teman-teman, pelajaran lain dari pohon kelapa bahwa "batangnya lurus tidak bercabang." Saya sempat berfikir kenapa ya? Ternyata, "Pohon yang batangnya lurus (tidak bercabang) biasanya adalah pohon yang buahnya tidak mengenal musim (tidak musiman). Sedangkan pohon yang bercabang biasanya memiliki musim (panen pada saat tertentu). Saya berfikir, oh iya juga ya. Kelapa itu berbuah kapan aja, tak kenal musim, mau musim kemarau atau pun hujan, pohon pepaya juga demikian, batangnya lurus dan tidak bercabang. Sedangkan pohon yang batangnya bercabang, biasanya memiliki musim, contohnya: mangga, rambutan, duku, dukong, jengkol, petai, matua, jeruk, duku, durian, lengkeng, manggis dlsb. Dari sini teman-teman kita dapat mengambil pelajaran, bahwa jika kita hidup lurus-lurus aja (dalam artian memiliki keteguhan dalam berprinsip, berpegang pada jalan yang lurus) maka kita senantiasa akan bermanfaat untuk orang lain dan juga untuk kita sendiri.
Selain itu, dari pohon kelapa kita dapat belajar bahwa akarnya kuat, mencengkram lapisan tanah, sehingga tidak mudah goyah ditiup angin, menandakan jika kita hidup harus memiliki pegangan yang kokoh agar gak mudah disesatkan orang lain termasuk oleh bangsa jin. Buahnya yang dilapisi serabut dan juga batok, melindungi daging beserta air kelapa agar tidak mudah dimakan binatang yang tidak bertanggung jawab. Kalau kita lihat pohon mangga biasanya sebelum sempat kita ambil buahnya ketika sudah matang itu biasanya udah dimakan oleh hama ulat sebelum kita panen hehe. Itu menandakan bahwa buah kelapa melindungi harta dan kehormatan yang ia miliki dari orang lain yang tidak bertanggung jawab. Dan lagi, dulu di rumah ayah saua di kampung pernah punya pohon mangga dan rambutan, sebelum musimnya berbunga, pasti banyak hama ulat bulu, pohon kelapa mana ada ulat bulu?
Dari pohon kelapa, kita belajar bahwa meskipun memiliki bentuk/rupa yang tidak terlalu bagus dan daun yang lebat malah memiliki manfaat yang banyak, mulai dari batang, daun hingga batoknya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Itulah mengapa jangan selalu melihat seseorang itu dari luarnya saja, tapi mari kita lihat lihat juga sisi dalamnya yang tidak terlihat oleh kita. Allah saja yang tahu. Ke depan kita motivasi anak-anak dan cucu kita agar dalam hidup ini mereka juga bisa mengambil jalan yang lurus-lurus aja, biar banyak manfaat. Terima kasih teman-teman semua telah sabar membaca tulisan ini ya.
Dari pinggiran kompleks Bukit Sejahtera Palembang Indonesia, salam untuk anda keluarga di manapun tuan, nyonya, nona berada. Selamat beraktifitas.

1 comment:

  1. Sukses tidak bisa diraih hanya satu malam, tapi perlu proses puluhan bahkan ratusan kali, sehingga proses akan terbayarkan dengan kesuksesan. Tetap semangaat! kita semua pasti bisa!

    ReplyDelete